Perkembangan AI di Indonesia semakin pesat

Perkembangan AI di Indonesia semakin pesat

 





AI atau Artificial Intelegence merupakan sebuah teknologi yang sedang naik daun saat ini, bicara AI bukan hanya tentang robot saja. Banyak sekali jenis-jenis AI atau artificial Intelegence, untuk melihat informasi lebih lanjut tentang AI anda bisa mengunjungi situs tamatekno.com karena disana terdapat banyak sekali konten-konten seputar AI.


AI adalah singkatan dari bahasa Inggris Artificial intelegence yang berarti kecerdasan buatan. AI lebih banyak mengandalkan sensor-sensor buatan seperti sensor suhu, sensor lokasi, sensor panas, dll.


Perkembangan AI di Indonesia


Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali inovasi-inovasi seputar teknologi AI, misalnya teknologi CAI(Computers Aided Instructure). CAI adalah sebuah teknologi yang dikembangkan untuk sebuah institusi atau pendidikan. CAI dapat dikatakan sebagai pengganti peran guru pada saat proses pembelajaran.


Selain CAI masih banyak sekali inovasi-inovasi lain seperti Ceres imaging, pH meter, Robot, pendeteksi suhu tubuh, dll. 


Salah satu inovasi yang sedang tren dan paling sering di jumpai saat ini adalah pendeteksi suhu tubuh. Biasanya saat anda hendak masuk ke sebuah tempat akan dilakukan pengecekan suhu tubuh. Bukan menggunakan termometer lagi, tetapi menggunakan alat khusus. Alat khusus tersebut dibuat dengan teknologi AI.


Jika anda pernah masuk ke sebuah tempat dan suhu tubuh anda di cek oleh petugas pasti anda akan merasa sedikit hangat di bagian kening, karena biasanya petugas akan menodongkan alat di bagian kening anda. Nah bagian yang hangat Tersebut adalah bagian yang terkena sensor yang terdapat pada alat tersebut, sensor akan secara otomatis menyala jika tombol di tekan. Setelah beberapa detik akan muncul angka digital tetap yang menunjukkan suhu tubuh anda saat ini. ukuran meter suhu tubuh pada alat tersebut berbeda-beda, ada yang menggunakan Celcius, Fahrenheit, Kelvin atau yang lainya sesuai kebutuhan. Namun yang sering dijumpai alat pengukur suhu tubuh menggunakan satuan Celcius.


Nah sebenarnya masih banyak sekali teknologi AI yang sudah mulai digunakan di Indonesia, namun saya tidak dapat menyebutkannya satu-persatu. Pada intinya di Indonesia sudah mulai mengembangkan teknologi AI, hal ini cukup baik untuk membantu kinerja manusia.


Demikian artikel tentang Perkembangan AI di Indonesia, semoga bisa bermanfaat bagi anda. Jika ada pertanyaan silahkan cantumkan di kolom komentar.

Anda mungkin menyukai postingan ini